< Ikan Betutu Asal Inhil Banyak Diminati Pasar Luar
logo

Ikan Betutu Asal Inhil Banyak Diminati Pasar Luar

Ikan Betutu Asal Inhil Banyak Diminati Pasar Luar


Ikan Bakot atau ikan betutu yang ada di Indragiri Hilir ternyata banyak diminati. Bahkan permintaannya sampai ke luar negeri. Terkadang malah ketersediaan ikan betutu ini kurang memenuhi permintaan pasar .

Ikan Betutu biasa dikumpulkan dari Nelayan yang ada di dari nelayan Rumbai, Sungai Salak, Sungai Luar, Sungai Piring. Ikan ini di Kumpulkan di Tembilahan untuk kemudian di kirim.

Ikan bakot yang masuk kedalam spesies oxyeleotris marmorata ini memiliki harga yang fantastis di pasaran, mulai dari 70 ribu hingga 150 ribur diharga pengepul, harga tersebut akan lebih tinggi di pasaran.

"Dipasaran bisa lebih mahal lagi, tergantung ukurannya," sebut Mail. 

Ia menyebutkan, ikan Bakot asal Kabupaten Indragiri Hilir biasanya dikirim ke Tanjung Balai, Kepulauan Riau.

"Ikan-ikan itu dikumpulkan di Tembilahan, di dapat dari beberapa nelayan di Kabupaten Inhil, biasanya dari nelayan Rumbai, Sungai Salak, Sungai Luar, Sungai Piring," sebutnya.

Untuk pengiriman ikan bakot dikatakannya intesitas pengirimannya sangat tinggi, tergantung ketersediaan di Kabupaten Inhil.

"Pengirimannya bisa 4 sampai 5 kali seminggu, tergantung Ketersedian ikan bakot dari nelayan," pungkasnya.

Ikan betutu dipercaya dapat menghaluskan kulit dan menjaga kulit tampak awet muda karena kandungan Vitamin E yang terdapat di dagingnya. Ikan ini juga mengandung banyak enzim, hormon dan nutrisi kompleks yang dapat meningkatkan vitalitas kaum pria.

Kandungan albumin yang kaya pada ikan betutu juga berkhasiat mempercepat penyembuhan pasca operasi dan mereka yang mengalami patah tulang.

Ikan betutu juga dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mengobati sejumlah penyakit seperti hhepatitis.

Dengan segudang manfaat tersebut, ikan Bakot memiliki cita rasa yang gurih dengan dagingnya yang lembut seprti saat di olah menjadi masakan.(adv)